Contoh Jurnal Utang Usaha Pdf Download

Diposting pada

Klasifikasi Hutang Dalam Neraca Harta, Hutang Serta Modal

jurnal utang usaha adalah salah satu bagian penting yang wajib untuk dimiliki dalam bidang akuntansi. Mengapa demikian? Hal ini berkaitan dengan persamaan dasar yang dimiliki akuntansi yang mana sisi kiri dari persamaan akuntansi tersebut dinyatakan sebagai harta (aktiva) sedangkan pada sisi kanan yang dimilikinya justru terdiri dari bagian modal serta hutang. Kehadiran hutang dalam dunia akuntansi tersebut menunjukkan seberapa besar nilai kepentingan kreditur dalam harta yang dimiliki suatu perusahaan. Sedangkan modal lebih mengarah pada besarnya nilai kepentingan dari pemilik usaha atau pemegang utama harta perusahaan tersebut. Karena itulah persamaan akuntansi ini juga banyak digambarkan dalam penulisan jurnal dengan neraca harta, kemudian hutang serta modal.

Contoh Jurnal Utang UsahaKeberadaan hutang dalam neraca tersebut juga membuktikan bahwa perusahaan itu sendiri pernah menarik sumber daya  dari pihak kreditur, yaitu sistem pendanaan yeng bermula dari pihak kreditur itu sendiri. Selain itu, hutang juga diartikan sebagai bentuk pengorbanan dalam pemanfaatan ekonomi yang dapat anda lakukan di masa mendatang dengan sifat probable yang dimilikinya.

Dari definisi yang telah disebutkan pada bagian di atas tadi, maka hutang pun dapat dinyatakan sebagai ;

  • Hutang adalah sesuatu yang timbul dari proses transaksi atau pun aktivitas di masa lalu
  • Hutang umumnya melibatkan proses transfer asset dalam hal penyediaan jasa yang terdapat di kemudian hari dan memiliki sifat probable atau hampir pasti
  • Hutang juga dinyatakan sebagai kewajiban yang dimiliki suatu entitas tertentu.

Klasifikasi bentuk hutang

Selain penjelasan di bagian atas tadi hutang juga dapat diklasifikasikan menjadi beberapa bentuk berbeda, hal ini umumnya berkaitan dengan tujuan pelaporan. Pengklasifikasian hutang tersebut diantaranya terdiri dari :

  • Hutang lancar, hutang yang berasal dari aktivitas operasional dan hutang ini umumnya dilunasi dengan menggunakan harta lancar yang dilakukan dalam waktu satu tahun mendatang dari siklus operasional normal yang dimiliki perusahaan,
  • Hutang jangka panjang, untuk jenis hutang yang satu ini berkaitan dengan bentuk pinjaman dari pihak bank atau pun lainnya yang seringkali dilakukan dengan sistem jatuh tempo satu tahun setelah tanggal neraca yang dimilikinya ditetapkan.

Setelah mengetahui beberapa bentuk pengertian serta pembagian klasifikasi dari hutang di bagian atas tadi, maka anda pun dapat menempatkannya dengan lebih mudah pada jurnal utang usaha dengan mengikuti contohnya di link berikut ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *