Tata Cara Penulisan Jurnal Ilmiah Dengan Tepat

Diposting pada

Tata Cara Penulisan Jurnal Ilmiah Dengan Tepat

Bagaimana sih contoh penulisan jurnal ilmiah pdf yang tepat dan benar? Sebelum menjawab hal tersebut, penulis akan jelaskan terlebih dahulu apa itu yang disebut dengan jurnal ilmiah itu sendiri dengan lebih tepat. Jurnal adalah bagian dari suatu artikel, dan dalam penulisan bahasa indonesia, jurnal pun lebih dikenal dengan sebutan majalah, yaitu media cetak dengan sistem penerbitan berkala. Namun jika dilihat dari segmentasi para pembacanya itu sendiri, majalah dapat anda bagi menjadi beberapa bagian, yaitu jenis majalah umum (sastra, musik, remaja, olahraga, dan lainnya), serta majalah khusus atau majalah ilmiah (jurnal kesehatan , jurnal pertanian, jurnal ekonomi, dan lainnya).

Tata Cara Penulisan Jurnal Ilmiah Dengan TepatMerujuk pada hal tersebut tidak heran jika pada akhirnya jurnal dikatakan sebagai sumber beragam informasi penting dalam bidang ilmu pengetahuan serta teknologi. Karena itulah sistem penulisan pada jurnal ilmiah pun harus dilakukan dengan lebih tepat dan benar, seperti halnya beberapa bentuk bagian penulisan jurnal ilmiah yang akan penulis jelaskan di bawah ini :

  • Judul, dengan judul yang jelas para pembaca akan mengetahui inti utama dari isi yang dimiliki oleh jurnal tersebut dengan lebih mudah

  • Lembar pengesahan, karena jurnal ilmiah seringkali dikaitkan dengan penelitian, maka lembar pengesahan yang terdiri dari nama peneliti / penulis, kemudian pembimbing pun menjadi bagian penting di dalamnya.

  • Abstrak, bukan ringkasan dari isi jurnal, namun lebih mengarah sebagai penjelasan singkat yang mengacu pada bagian isi yang dimilikinya

  • Pendahuluan, terdiri dari bagian latar belakang, kemudian uraian masalah, hingga dikaitkan dengan teori yang hendak anda gunakan serta diakhiri dengan penjelasan dari tujuan utama dilakukannya penelitian tersebut.

  • Metode penelitian adalah desain dari percobaan penelitian yang hendak anda lakukan, dimulai dari penggunaan peralatan, pengumpulan data hingga jenis pengendalian.

  • Hasil atau pembahasan, yaitu bagian utama penelitian yang terbagi menjadi beberapa sub bab di bagian dalamnya

  • Simpulan, dikenal sebagai pembuktian hipotesis dari penelitian yang telah dilakukan dan ditulis secara ringkas, jelas dan informatif.

  • Daftar pustaka, berisi daftar dari beragam sumber yang anda gunakan sebagai referensi dalam melakukan penelitian tersebut.

Setelah membaca penjelasan di bagian atas, berikut adalah link download dari contoh penulisan jurnal ilmiah pdf yang benar dan tepat :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *